Nah pemilik bisnis online,
apakah saat ini sales dan marketing anda sudah menggunakan software CRM? Atau
justru anda baru bertanya apa itu CRM?
CRM atau Customer Relationship
Management adalah sebuah terobosan yang melatarbelakangi pembuatan strategi bisnis
berbasis customer. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan.
Sedangkan tujuan akhirnya adalah memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. CRM
sudah dilengkapi dengan analisis customer, vendor, partner, proses informasi
internal dan penyimpanan. Sedangkan fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM
adalah sales, marketing, training, pengembangan profesional, manajemen
performa, human resource development, dan kompensasi. CRM adalah salah satu
syarat vital bagi bisnis anda untuk memasuki fase berikutnya. Nah, berikut
adalah sejumlah aplikasi CRM yang ada di dunia:
Vtiger
Vtiger (https://www.vtiger.com/id/)
merupakan solusi aplikasi CRM paling populer. Aplikasi ini membantu
perusahaan untuk mengorganisir dan memelihara informasi secara efisien di dalam
segala aspek yang berkaitan dengan customer. Fitur – fitur inti di dalamnya
antara lain:
1. Customer Relationship
Management: Membantu manage semua data-data customer, dari Accounts, Contact
sampai Prospect atas customer yang bersangkutan.
2. Sales Force Automation:
Melakukan penjualan produk dan billing atas customer. Terdapat menu Quotation,
Sales Order hingga Invoice.
3. Customer Service Tracking:
Menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan. Baik itu complaint maupun
service produk. Bisa ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah service
customer yang bersangkutan.
4. News Service: Semacam memo
atau notes yang membantu kita mengingatkan akan hal-hal kecil yang mudah
terlupakan.
5. Corporate Calendar: Mencatat
semua event / kalender penting bagi aktifitas perusahaan. Semua jadwal atau
agenda kerja akan muncul di menu ini.
6. Analytical Reports:
Menyediakan laporan-laporan yang sudah teranalisis dengan baik oleh system.
7. Material Management: Berisi fitur
mengenai management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk sampai
penambahan dari segi pembelian (Purchase Order) dan pengurangan produk
dari segi Penjualan (Sales Order dan Invoice).
8. Synchronization: Fitur yang
bertujuan untuk mensikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi
email semacam Microsoft Outlook dan Mozilla
Thunderbird.
Salesforce
Salesforce (http://www.salesforce.com/)
menyediakan segala kebutuhan untuk mengelola penjualan dan layanan (untuk semua
bisnis). Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem Cloud, dengan beberapa
fitur seperti:
1. Sales Cloud: Mampu
memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas
dalam bisnis.
2. Services Cloud: Transformasi
layanan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
3. Marketing cloud: Memantau dan
berpartisipasi dalam jejaring sosial.
4. Salesforce Platform and
AppExchange: Membuat aplikasi sosial yang inovatif, mobile dan real-time pada
platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
5. Salesforce Chatter: Membuat
proses bisnis dalam hal sosial. Berkolaborasi secara real time dari mana saja.
Zoho
Zoho (http://www.zoho.com/)
menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead generation melalui
berbagai sumber, seperti website, import data lead dan lain-lain. Terutama
berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan Anda dan kegiatan
pemasaran.
Dengan Zoho, Anda dapat secara
efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign, hingga
melacak pengeluaran marketing. Selain itu, campaign manajemen terpadu dengan
otomatisasi tenaga penjualan akan membantu organisasi Anda dalam mengukur
kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign.
SugarCRM
SugarCRM (http://www.sugarcrm.com/) adalah
aplikasi CRM yang katanya terbaik di lingkungan Open Source. SugarCRM dapat
digunakan oleh berbagai perusahaan, dari mulai UKM hingga perusahaan besar.
SugarCRM dapat dengan mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan bisnis dengan
menawarkan banyak fleksibilitas, alternatif biaya yang murah, hingga ke solusi
propertiary atau berbayar.
Dalam pengembangannya, SugarCRM
melibatkan banyak narasumber. Dari mulai operator aplikasi CRM, para pelanggan,
pengembang, dan para ahli.
Mengimplementasikan CRM bukan
sekedar terbatas di instalasi dimana anda tinggal pakai saja. Anda juga perlu
upaya berkelanjutan untuk membangun statistik customer dari nol, hingga ke titik
dimana anda dapat memanfaatkan data-datanya untuk mengatur strategi marketing
anda.
Tags:
Apk Mobille