Contoh Project Charter Sebuah Starup


Project Charter – Project 



Project Name:
Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMTA)
Author(s) of Charter:
Sela, Stevani Veren, Sarapina Elsa, Yuniarti
Date:
Rabu, 14 Maret 2018


Description

Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam belum terdapat sistem informasi terkait  penanganan tugas akhir yang terkomputerisasi. Sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memanajemen tugas akhirnya. Karena hal itu dibuatlah sebuah Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir. Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir adalah sebuah sistem yang dapat mempermudah mahasiswa serta dosen maupun pihak yang bersangkutan dalam proses pengajuan judul tugas akhir dan melakukan pemantauan perkembangan tugas akhir. Sistem ini dapat diakses oleh 4 user yaitu Admin, Mahasiswa, Dosen, dan Kepala Jurusan dan memiliki peranan masing-masing dalam sistem. Tahapan dalam pembuatan sistem ini adalah menganalisis, merancang, dan implementasi sistem. Project Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir dikerjakan selama 1 bulan.

Purpose

Project charter ini dibuat agar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam :
1.      Dapat menyetujui dan mendukung perancangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir.
2.      Dapat membiayai project Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir.

Project Sponsor

Project Sponsor:
1.      Kepala Jurusan, Jurusan Sistem Informasi Fmipa, Universitas Tanjungpura
2.      Bagian Keuangan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura


Customer(s)

Customer(s) yang terlibat dalam sistem ini adalah :
1.      Mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura
2.      Dosen, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura
3.      Kepala Jurusan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Project Budget

Identifikasi perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam proyek ini :

Category
Description of Items
Base Funding
(recurring costs)
People


Analis Sistem
Menganalisis rancangan awal sampai akhir
Rp. 4.000.000
Programmer
Membuat program atau aplikasi web
Rp. 2.000.000
Manajer Proyek
Memimpin, memtotivasi jalannya proyek
Rp. 3.000.000
Desaigner Web
Membuat rancangan desain web
Rp. 1.000.000
Database Administrator
Merancang kebutuhan basis data sistem
Rp. 2.500.000
System


- Hardware
Menggunakan 2 Laptop
Rp. 8.000.000
- Software
Menggunakan perangkat lunak Free trial yaitu :
-Dia untuk perancangan basis data
-Sublime Text 3 untuk membuat program aplikasi web
-Cisco Packet Traker untuk membuat untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan
-XAMPP untuk web server
-Balsamiq untuk merancang tampilan web
Rp.0
Other


- Dukungan eksternal



TOTALS:
Rp. 20.500.000


Success Criteria

Masing-masing manfaat nyata berikut harus dipertimbangkan saat mengidentifikasi nilai bisnis yang akan dicapai:

·    Mandat kebutuhan operasional atau permintaan legislatif
·    Turunkan biaya untuk mengoperasikan Universitas
·    Turunkan risiko menjalankan Universitas
·    Produk dan layanan Deliv er lebih cepat; meningkatkan efisiensi dan efektivitas
·    Menangani lebih banyak pekerjaan dengan sumber daya yang sama; memaksimalkan penggunaan aset yang ada
·    Meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan
·    Kembangkan volume secara menguntungkan
·    Meningkatkan inovasi dan meningkatkan proses belajar
·    Layanan baru ditugaskan, layanan lama dinonaktifkan

Pada akhir proyek, setiap kriteria keberhasilan akan dievaluasi secara individual untuk menyusun metrik proyek 'Pertemuan Harapan Pelanggan' sebagai bagian dari Laporan Akhir Proyek.

Contoh keberhasilan kriteria ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

No
Business Value
Criteria for Project Success
Measurement
1
Produk dan layanan mengirim cepat; meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Memberikan produk dan layanan yang diberikan cepat dan sesuai kebutuhan customer
-    Customer mendapatkan notifikasi untuk mengetahui hasil dan nilai dari tugas akhir yang telah diajukan.
2
Meningkatkan layanan dan kepuasan customer
Memberikan informasi terkait tugas akhir
-    Meningkatkan layanan kepuasan customer dari segi waktu, biaya dan akuratan data tugas akhir
3
Layanan baru diaktifkan, layanan lama dinonaktifkan
Sistem dialihkan ke aplikasi web dari yang  manual.
-    Waktu untuk mengajukan TA dalam aplikasi sekitar 3 hari.


Scope

Di Ruang Lingkup (Proyek Deliverables) : Pekerjaan apa yang harus dilakukan untuk mengantarkan produk atau layanan atau hasil dengan fitur dan fungsi yang ditentukan?
Layanan apa atau fungsi ality  akan proyek
memberikan? Saya nclud e produk akhir, layanan atau proses yang akan dibuat. Bagian ini menguraikan kesepakatan antara Sponsor Proyek dan CIO / ISSC mengenai hasil proyek yang diharapkan.

In Scope (Project Deliverables)
Layanan dan Produk ini diakses oleh Mahasiswa, Dosen , Kepala Jurusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Sistem ini digunakan Mahasiswa  untuk mengajukan judul Tugas akhir, judul Seminar Proposal, Judul Seminar Outline , dan Seminar Sidang Akhir
Sistem ini digunakan dosen untuk menilai dan memantau perkembangan mahasiswa yang mengikuti tugas akhir



Ruang Lingkup dari luar : Identifikasi apa yang bukan bagian dari proyek ini. Bagian ini
Proyek atau kegiatan lain apa yang harus diselesaikan sebelum proyek ini dapat dimulai? Proyek apa lagi yang tidak bisa dimulai sampai proyek ini selesai? Apakah ada kiriman dalam proyek lain yang dibutuhkan sebelum pekerjaan spesifik dapat dilakukan pada proyek ini? Buat daftar semua proyek (sekarang atau masa depan) yang mungkin berdampak atau terpengaruh oleh proyek ini.
i membantu memperjelas batas antara apa yang termasuk dalam proyek dan apa yang tidak, dan harus jelas dan komprehensif.

Out of Scope
Dokumen tugas akhir tidak dapat diakses selain user yang bersangkutan (Dosen dan Mahasiswa)


Assumptions
Cantumkan asumsi utama yang bergantung pada proyek (sumber daya, kebijakan, penjadwalan, teknologi, dll.). Inilah faktor penting yang dianggap nyata, benar, atau pasti; Namun, ada unsur risiko dalam asumsi ini karena kami tidak memiliki informasi akurat 100% tentang hal itu meskipun mereka mungkin merupakan dasar pengambilan keputusan proyek awal.



·                Hasil dari proyek ini yaitu Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir yang dapat digunakan oleh Mahasiswa, Dosen, Kepala Jurusan, dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
·                Proyek ini dapat terselesaikan dengan waktu satu bulan
·                Mendapat sponsor dari Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sesuai waktu yang ditentukan



Constraints

List any restrictions or limitations that will guide decision-making throughout the life of the project.  Typically, these constraints cover cost, scheduling, staffing and quality.  An example constraint could be that the project must be completed by a specific date due to a particular reason.

·                Proyek harus diselesaikan pada tanggal 21 Januari 2018 karena harus memenuhi masa kontrak yang telah disepakati
·                Proyek dapat terselesaikan dengan biaya Rp 20.500.000 karena disesuaikan dengan anggaran atau kebutuhan dari proyek
·                Proyek dapat terselesaikan dengan manajer proyek, 2 orang programmer, analis sistem, 2 orang designer web, dan database administrator
·                Proyek harus dapat menghasilkan sebuah sistem yang dapat memanajemen tugas akhir


Dependencies
Dalam pembuatan sistem ini, tidak terdapat proyek yang berdampak atau berpengaruh terhadap Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir baik sebelum proyek ini dimulai maupun sampai proyek ini selesai.

Dependent Project Number & Name
Impact








     




Milestones

Merupakan tahapan yang harus dilakukan untuk suatu projek berhasil

Examples of project SIMTA  Milestones:

Milestones
Planned Finish Date
Analisis Kelemahan, Kebutuhan, kelayakan,
09 Januari 2018
Perancangan basis data (ERD dan DFD)
12 Januari 2018
Perancangan Arsitektur Jaringan
16 Januari 2018
Perancangan Tampilan Web
21 Januari 2018
Tahapan Pengembangan Web (Progamming)
21 Januari 2018


Resourcing/Person Days Needed

List the staffing requirements of the project.  This list should include the Project Manager, and any functional and/or technical roles needed on a full or part-time basis.  Based on the Milestones, estimate the number of person days for each position to complete the project.

Position
Project Responsibilities
*Current
or New
Est. Person Days
Manajer Proyek
Memimpin, memotivasi jalannya proyek
Current
1
Analisis Sistem
Menganalisis rancangan awal sampai akhir
Current
1
Programmer
Membuat program atau aplikasi
Current
1
Designer Web
Membuat rancangan desain web
Current
1
Database Administrator
Mengelola bagian database
Current
1
TOTAL PERSON DAYS:
5
* ' Lancar' berarti sumber daya yang ada . 'Baru' menunjukkan bahwa sumber daya baru akan dibutuhkan ; biaya yang harus direfleksikan dalam Anggaran Proyek










Risks

Project Risks
Apa risikonya yang bisa membahayakan kesuksesan dan penyelesaian proyek? Lihat "Contoh Resiko Proyek" untuk menilai risiko proyek ini.
.

Risk Name
Description
Impact on Project
(In Cost, PD, Schedule, etc)
Severity
(H,M,L)
Probability
(H,M,L)
Risk Rating
*see note
Salah satu anggota tim proyek hilang
Pada saat pengerjaan proyek berlangsung, salah satu anggota berhenti bekerja
Jadwal pengerjaan menjadi berubah sehingga menambah waktu penyelesaian pekerjaaan proyek dan juga pengerjaan proyek tidak terselesaikan sesuai waktu yang ditentukan
H
M
H
Tidak terdapatnya narasumber
Narasumber tidak berada ditempat
Kurangnya data-data yang dibutuhkan oleh sistem

M
M
M
Kerusakan Hardware
Terjadi kerusakan hardware secara mendadak sehingg perlu mengganti dengan yang baru
Anggaran biaya melebihi batasan awal
H
L
M
Tidak mendapat anggaran dari sponsor
Pihak sponsor tidak memberi  anggaran biaya sesuai rincian kebutuhan sistem dan tidak  sesuai dengan  waktu  pengerjaan
Kekurangan biaya
H
H
H
Sumber Daya Manusia tidak mendukung keberadaaan sistem
Pelanggan tidak bisa menerima dan menggunakan sistem karena pelanggan kurangnya pengetahuan terdapat sistem tersebut
Sistem yang dibuat tidak digunakan oleh pelanggan
M
L
M
*HxH = H       HxM = H        HxL = M         MxL = M         MxM = M        LxL = L

Alternatives
  




Hanya untuk Penggunaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


Tanggal Persetujuan Piagam :

 21 Januari 2018
Jumlah Anggaran Disetujui :

 Rp. 20.500.000,00

Mengetahui,


  Analis Sistem                                                                                                      Programmer




 Abdu                                                                                                                     Mina
                                                                                      


Desaigner Web                                                                                          Database Administrator



UPIN                                                                                                                          IPIN                                                                                                                                                                                 
Menyetujui,

Manager Proyek




Dosen
Prodi Sistem Informasi

Post a Comment

silahkan anda tinggalkan komentar jika blog ini membantu anda

Previous Post Next Post