PENGERTIAN HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI)




Ada beberapa pengertian HCI sebagai berikut:
1)      Sekumpulan proses,dialog,dan kegiatan dimana melaluinya penguana memfaatkan dan berintraksi dengan komputer.
2)      Suatu displin ilmu yang menekan pada aspek desain,evaluasi dan implementasi dari system komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.
3)   Suatu studi ilmiah tentang masyrakat didalam lingkungan kerjanya.


.    KELEBIHAN HCI
       Peningkatan produktivitas
       Kepuasan pengguna
       Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik.                                                                                                                                    
       efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).
               
3    KELEMAHAN HCI
·      Kurangnya pendidikan / pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka.
·      Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik.
·         Perkembangan teknologi yang sangat cepat.
·         Koordinasi yang kurang baik dalam pengembangan aplikasi


4.      CONTOH PRODUK DARI HCI

Media Tekstual
        Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.

   Media GUI (Graphical User Interface)
        Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang be rbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain). 

Penggunaan Perangkat Komputer
       Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

  Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)
        Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.


Situs Website
        Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Post a Comment

silahkan anda tinggalkan komentar jika blog ini membantu anda

Previous Post Next Post